Zaman Kolonial, Indonesia Adalah Penghasil Kopi Terbesar Di Dunia

Kopi diyakini bukan asli tanaman Indonesia. Namun Indonesia telah dikenal sebagai negara dengan varietas kopi terbanyak di dunia dan dulu pernah menjadi penghasil kopi terbesar di dunia, itu dulu ketika masih dikelola kolonial penjajah Belanda.

Sayangnya, sejak merdeka dari Belanda, produksi Kopi Indonesia malah menurun. Menurut Ketua Umum Komunitas Koperasi Kopi Indonesia (KOKOPI), Ronald Fredriek Rivelino Suprapto, Indonesia hanya menempati posisi empat dunia sebagai negara penghasil kopi terbesar setelah Brazil, Columbia dan Vietnam.

“Secara geografis, Indonesia memang nomor satu sejak zaman Belanda. Setelah Belanda pergi sampai sekarang, kita nggaak pernah lagi nomor satu. Pertanyaannya, pertama, kenapa mesti di zaman Belanda kita menjadi nomor satunya? Apa sekarang kita nggak bisa?” ujar Ronald seperti dikutip dari Suara.com.

Tak hanya posisi yang merosot sebagai penghasil kopi di dunia, Ronald juga menyoroti kesejahteraan petani kopi yang dinilainya masih harus berjuang untuk hidup lebih sejahtera.

Padahal, lanjut dia, menurut dari data ICO (International Coffee Organization), pertumbuhan konsumsi kopi di Indonesia lebih besar daripada dunia, yakni delapan persen dibandingkan dengan enam persen.

Jika sudah begini siapa yang salah? trend minum kopi makin menyebar luas namun produksi menurun setelah merdeka. Kesejahteraan petani juga tak seindah iming-iming kemerdekaan.

Mari ngopi

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*