Kecakapan Guru Pendidik Zaman Now

Oleh: Syamsul Bahri

Secara umum pendidikan adalah segala faktor apapun yang dapat memberikan pengaruh pada perkembangan anak baik secara disengaja ataupun tidak sedari kecil hingga sampai pada masa dia dapat menjalankan peran di kehidupannya.

Bagaimana keadaan kita saat ini, disadari atau tidak adalah hasil didikan para guru-guru, orang tua dan mereka yang berada di sekitar kehidupan kita pada 20 hingga 30 tahun lalu. Sungguh betapa pesat perubahan dan perkembangan dunia teknologi dan informasi kita jumpai saat ini yang tak terbayangkan saat masih belajar dulu.

Jika menurut hasil riset saat ini hampir sebanyak 30 persen pekerjaan sudah tergantikan oleh mesin dan teknologi, maka menurut analisis dari Glassdoor, situs komunitas pencari kerja, otomatisasi akan meningkat drastis pada tahun 2033 mendatang. Pada saat itu, Glassdoor mengklaim sebanyak 47 persen dari pekerjaan manusia yang ada saat ini akan diambil alih oleh tenaga mesin.

Sungguh nyata, sekarang pun kita dapat menyaksikan sendiri, betapa banyak profesi yang pada masa kecil kita masih ada namun saat ini secara perlahan atau benar-benar sudah tidak ada karena sudah tergantikan oleh mesin, dari tukang pengantar surat, operator, pengawas, dan lain sebaginya di berbagai kegiatan industri-industri besar.

Bahkan tidak menutup kemungkinan juga dengan profesi guru di masa yang akan datang, jika seorang guru hanya sekedar berfungsi sebagai sumber pengetahuan dan media pentransfer ilmu. Jika hanya itu fungsi yang dilakukan seorang guru lalukan, maka saat inipun peran itu sudah dapat tergantikan oleh internet, karena apapun yang seorang anak ingin ketahui cukup dengan bertanya atau mengetik di mesin pencarian google semua sudah dapat diketahui dan akses lagsung seketika itu juga.

Jadi pendidikan yang dilakukan seorang guru dan orang tua saat ini adalah bagaimana saat ini menyiapkan dan membekali anak-anak untuk hidup di masa 20 hingga 30 tahun yang akan datang. Di mana keadaan dunia kehidupan, informasi dan teknologi juga pasti sudah jauh berbeda dibandingkan saat ini. Jangan pernah menyamakan pola dan metode pendidikan kepada mereka sebagaimana kita peroleh pada zaman dulu. Sungguh teramat tertinggal jauh jika sebagai guru, orang tua dan pendidik masih saja memakai cara lama tanpa peningkatan sesuai dengan perkembangan zaman.

Terlalu cepat waktu berubah, jangan sampai kita tidak membekali anak-annak untuk kehidupan masa depan nantinya, sehingga mereka kelak hanya jadi penonton atau menjadi sumber daya yang kalah dan tergantikan oleh mesin dan majunya teknologi. Hanya guru zaman now dan anak didik yang benar dibekali dan memiliki spesifikasi tertentulah yang di manapun hingga masa kapanpun tidak bakal tergantikan oleh apapun.

Guru dan juga anak-anak yang dimaksud adalah mereka yang memiliki kreativitas, pandai berkomunikasi, pintar berkolaborasi, mencintai ilmu atau literasi, berpikiran kritis dan bekarakter inilah yang dianapun dan hidup pada masa apapun tidak akan pernah tergantikan mesin. Karena hal-hal itu tidak akan mungkin dapat dilakukan oleh mesin, yang pada hakikatnya adalah benda mati dan tidak memiliki jiwa. Maka hanya dengan 6 kompetensi inilah seorang guru akan tetap survive dan eksis di kehidupan masa yang akan datang.

Seorang pendidik zaman now harus terus mengupgrade ilmu dan pengetahuannya, sebagaimana berkembangnya kemajuan zaman, jangan sampai hanya mengandalkan pengetahuan serta ilmu pada masa lalu yang sudah ketinggalan zaman.

Bekali anak didik dengan enam kompetensi: kreatif, pandai berkomunikasi, berkolaborasi, mencintai ilmu atau literasi, berpikiran kritis dan bekarakter inilah yang kelak akan tetap mampu bersaing, bahkan tak akan pernah tergantikan di manapun dan kapanpun masanya dengan mesin atau teknologi apapun.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*