Bangsa Mongol, Penakluk dan Penyebar Islam ke Penjuru Dunia

Selama ini Islam seringkali identik dengan Arab, mulai dari peradaban sampai penyebar Islam pun, nggak afdhol klo nggak melibatkan Arab. Baik orang maupun budaya-nya. Hingga seringkali terjadi penafikan pada sumbangsih bangsa lain terutama dalam penyebaran Islam.
Ambil contoh penyebaran Islam ke Nusantara yang lebih didominasi peran orang China (Cheng Ho), India (dibuktikan dengan gelar “maulana”) , Persia (perdagangan) dan Mongol.

Jika membaca sejarah, selama ini Bangsa Mongol sering identik sebagai penghancur kejayaan dinasti Abbasyiah di Baghdad. Padahal sumbangsih Bangsa Mongol terhadap Islam jauh lebih besar dari apa yang pernah mereka hancurkan.
Pembagian Wilayah Kerajaan Mongol
Semua bermula dari dipecahnya kerajaan mongol dan daerah taklukkan menjadi empat untuk empat anak Genghis Khan. 
1. Mongol Pusat (Tolui Khan) sebagai Great Khan,
2. China (Ogedei Khan)
3. Persia (Chagatai Khan)
4. Asia Tengah (Jochi Khan)
Keempat kerajaan dipimpin oleh seorang “raja khan” dan tunduk pada pemerintahan pusat di Mongol yang dipimpin oleh Great Khan. 
Pada generasi ketiga (Cucu Genghis Khan) mulai terjadi perpecahan, pada masa pemerintahan Mongke Khan sebagai Great Khan. Saat Mongke Khan wafat. Hulagu Khan bersaing dengan Kubilai Khan untuk menjadi Maharaja Great Khan
Kubilai Khan sendiri saat itu memilih tetap melanjutkan misi untuk menaklukan China Selatan agar seluruh daratan China menjadi taklukan Mongol seutuhnya. 
Sedangkan Hulagu memilih meninggalkan medan perang Ayn Jalut demi menjadi Great Khan. Walhasil tentara Mongol yang dipimpin Kitbuqa kocar-kacir dihancurkan Sultan Saifuddin Qutuz. 
Berke Khan putra Jochi Khan yang menguasai Asia Tengah yang telah memeluk Islam ikut membantu Qutuz membersihkan pasukan Mongol Hulagu Khan di kawasan Persia dan Timur Tengah. Berke marah mendengar kekejaman Hulagu Khan dalam penaklukan Baghdad.
Reka rupa wajah Timurlenk oleh sejarawan Turkmenistan. Foto: istimewa
Berke kemudian mendirikan kesultanan islam Mongol pertama yang membentang dari wilayah Timur Tengah, Asia Tengah, Persia hingga pegunungan Kaukasus Rusia.

Setelah Berke, keluarga Chagatai Khan yang menguasai Persia juga masuk Islan. Dari keturunanya nanti akan lahir raja Mongol yang terkenal, Sultan Timur Khan atau yang dikenal sebagai Timurlenk.

Di era Timurlenk, dia akan meluaskan kekuasan Mongol Islam hingga ke India dengan semangat penyebaran agama Islam. Termasuk bantuan militer untuk kesultanan Islam di Nusantara. 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*