Cek Gadget-mu : Google Station ( Wifi Publik Gratis ) akan Segera Ditutup Akhir Tahun Ini

Google telah mengumumkan bahwa program Google Station di India akan segera diberhentikan. Pada akhir tahun 2020 penyetoran program ini juga akan segera diberlakukan di Indonesia.

Sebelum itu kalian pasti bertanya – tanya, apa itu Google Station. Nah, Google Station adalah sebuah inisiasi Wifi gratis untuk publik yang diselenggarakan oleh Google. Program Google Station ini sudah berlangsung di Indonesia sejak tahun 2017 silam.

Inisiasi Google Station ini di Indonesia telah diungkap oleh Tony Keusgen selaku Country Director Google Indonesia pada saat itu, dalam sebuah acara Google for Indonesia yang diselenggarakan di Jakarta pada Agustus 2017 silam.
Saat peluncuran Google Station, pihak Google tidak sendirian dalam upaya peluncuran Wifi gratis tersebut. Google melakukan kerja sama dengan perusahaan penyedia akses internet, yaitu CBN dan juga FiberStar.

Nantinya, pengelolaan kualitas koneksi jaringan Wifi tersebut akan dilakukan oleh Google sendiri dengan menggunakan berbagai aplikasi ( software ) buatannya. Sedangkan, pihak CBN dan FiberStar akan berperan sebagai penyedia kabel dan akses internet yang akan disebar sebagai Wifi.

” Pertama program Google Station ini akan diadakan di Jakarta, Lalu Surabaya, Denpasar, Bandung, dan kota – kota lainnya. kami akan mulai tahun ini, jadi nanti akan ada jutaan orang yang akan bisa mengakses Wifi publik gratis tersebut.” ujar Tony pada saat itu.

Tony Keusgen menjanjikan bahwa kualitas kecepatan koneksi akan lebih baik dibandingkan Wifi publik lainnya. Para pengguna akan merasakan sensasi menggunakan internet berkecepatan tinggi, pengguna bisa dengan mudahnya streming Video HD dan mengakses berbagai bentuk layanan dasar yang disediakan oleh Google seperti e – mail.

Namun kabarnya, baru – baru ini Jason Tedjaksukmana ( Head of Corporate Communication Google Indonsesia ) mengatakan bahwa Google Station di Indonesia akan diberhentikan pada akhir tahun 2020. ” Masih ada waktu beberapa bulan lagi. ( akan berhenti ) pada akhir tahun ini.” Ujar Jason.

Jason menambahkan, bahwa perkembangan teknologi dan semakin murahnya harga paket data internet di Indonesia yang menjadi alasan akan ditutupnya program ini di Indonesia. ” Contohnya sebagaimana di India, semenjak tahun 2016 Google Station ini dibuat, harga paket data sudah mengalami penurunan 95 persen. Saya enggak tahu di sini bagaimana, tapi saya lihat di sini juga harga paket data turun.” jelasnya.

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*