20 Manfaat Buah Mangga Yang Lezat dan Enak

Mangga adalah salah satu buah tropis yang kaya dengan manfaat. Buat yang lezat ini berasal dari India dan menyebar luas di Indonesia. Buah ini banyak ditanam pada masa kerajaan Hindu di pulau Jawa karena erat kaitanya dengan mitologi Sri Krisna, jelmaan Dewa Wisnu di dunia.

Mangga mengandung rendah kalori dan serat tinggi. Mangga merupakan sumber vitamin A, C dan E, serta memiliki kandungan folat, B6, zat besi, hingga kalsium. Buah yang satu ini juga merupakan sumber antioksidan baik, mengandung phytochemical yang baik bagi kesehatan tubuh manusia.

Mangga aman dikonsumsi bagi semua orang, baik anak-anak maupun dewasa.

1. Sebagai pencegah Kanker.
Mangga kaya akan polipenol yang mungkin memiliki sifat antikanker. Polipenol dapat melindungi dari stres oksidatif yang mana dikaitkan dengan berbagai jenis kanker seperti kanker usus besar, paru-paru, prostat, payudara, dan tulang.

Berdasarkan hasil penelitian The European Prospective Investigation of Cancel menemukan adanya hubungan kuat antara buah mangga untuk menurunkan risiko kanker, khususnya kanker pada saluran pencernaan.

2. Bikin awet muda.
Selain kaya akan vitamin C, A, B6, E, K, beta-karoten dan magnesium. Buah mangga juga punya kandungan Alpha hydroxy acid atau AHA merupakan eksfoliator kimia alami yang baik untuk kulit Anda. Bahan ini akan membantu menghilangkan kulit yang kusam dan kering serta membuatnya menjadi lebih segar dan sehat.

3. Menurunkan Kolesterol dan Menjaga Kesehatan Jantung
Mangga memiliki vitamin C dan serat tinggi yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Buah tropis ini juga kaya akan kalium yang amat dibutuhkan tubuh. Kalium berfungsi menyeimbangkan sel cairan tubuh guna mengontrol tekanan darah dan detak jantung. Mangga dipercaya mampu menurunkan kolestrol dan meningkatkan kesehatan jantung.

4. Memiliki sifat alkali
Alkali memliki peran yang vital dalam menjaga kelancaran proses pencernaan dan mengeluarkan racun dalam tubuh. kandungan asam tartarat, asam malat dan asam sitrat yang memiliki peran dan fungsi layaknya alkali tubuh.

5. Melancarkan pencernaan
Selain serat, mangga mengandung enzim yang dapat membantu melancarkan proses pencernaan. Serat alami yang terkandung dalam mangga dapat berperan sebagai probiotik, sehingga dapat menjaga kesehatan organ pencernaan.

Adapun BBC Food Good, mangga punya 17 manfaat berikut ini:

  1. Menunda penuaan dan terlihat awet muda
  2. Mengatasi masalah pencernaan
  3. Menghilangkan sel kulit mati
  4. Mendorong terbentuknya kolagen
  5. Meredakan iritasi kulit
  6. Mencegah jerawat
  7. Menjaga kesehatan rambut
  8. Menurunkan tekanan darah
  9. Menjaga kesehatan mata
  10. Meredakan sembelit
  11. Membantu menurunkan berat badan
  12. Meningkatkan kekebalan tubuh
  13. Mengurangi diabetes
  14. Menyehatkan tulang
  15. Menguatkan otot dan sendi
  16. Mencegah asma
  17. Mencegah panas dalam

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*